Jumat, 23 Juni 2017

Carl Jenkinson, Gooner Yang Tak Di Rindukan

8 Februari 1992 silam, Carl Daniel Jenkinson mendapat takdir bahwa dia menjadi seorang Gooner. Sesuatu yang jelas tak dia pahami ketika baru lahir.Di bina melalui akademi Chralton Atlethic, Jenko menjadi seorang bek kanan yang sempat memikat Pat Rice.Kala itu assisten Arsene Wenger masih Pat Rice, Pat Rice yang memboyong Jenkinson dari Chralton Atlethic dengan fee 1juta Euro.

Debut nya bersama Arsenal dilakoni ketika Arsenal berada di babak playoff Liga Champions melawan Udinese. Masuk sebagai pemain pengganti pada menit 55 menggantikan Johan Djourou yang terkena cedera. Debutnya berujung manis dengan kemenagan tipis 1-0 melawan Udinese di Emirates Stadium. Pada leg ke 2 di Stadion Friuli Arsenal bermain imbang 1-1 dan memastikan lolos ke fase grup Liga Champion musim 2011-2012. Namun pada leg ke 2 Jenko tak bermain, dan Wenger lebih memilih menyimpan tenaganya jelang big match di Old Trafford pekan mendatang. Sepekan berselang, Arsenal datang ke Theatre of Dream dengan skuad apa adanya. Ya, jujur saja, selepas kepergian Gael Clichy dan Samir Nasri ke Manchester City dan sang kapten yang lebih memilih pulang kampung ke Catalan, praktis Arsenal belum mendatangkan pemain baru ketika menghadapi Setan Merah. Hanya Gervinho saja yang tercatat sebagai transfer pertama Arsenal di musim itu.  Itupun Gervinho tidak bisa bermain karena mendapat akumulasi kartu merah karena pada pertandingan pembuka melawan Newcastle, Gervinho terlibat saling dorong dengan Joey Barton. Namun debut Jenko kali ini tak seindah harapa nya. Pada babak pertama Jenko mendapat kartu kuning karena menarik bahu Ashley Young yang sedang berlari. Freekick pun diberikan kepada United dan berbuah goal cantik dari Wayne Rooney.

Malapetaka baginya datang menjelang akhir babak ke 2, pelanggaran yang hampir sama ia lakukan kepada Javier Hernandez dan hadiah kartu merah dari Howard Webb yang kala itu memimpin pertandingan tak bisa ia bantah. Hasil akhir yang mencoreng sejarah Arsenal pun tak dapat ter elakkan 8-2 dengan jelas terpampang di Teater Impian. Entah apa perasaan apa yang menyelimuti Jenkinson saat itu, dia bak menjadi kambing hitam atas kekalahan Arsenal kala itu. Sepanjang pertandingan terlihat jelas bahwa anak muda dari Charlton ini seperti kehabisan tenaga menghadapi Ashley Young yang masih dalam performa terbaiknya.
14 Pertandingan di semua ajang di musim pertamanya bersama Arsenal merupakan kesempatan yang luar biasa ia dapatkan dari sang pelatih. Namun tak se biji goal atau assist ia bisa ciptakan.

Di musim kedua nya bersama Arsenal tak banyak pertandingan yang bisa ia dapatkan, karena bergelut dengan masalah cedera ankle nya. 22 pertandingan untuk semua ajang yang ia jalani bersama Arsenal cukup membuat para Gooner bahwa Jenko adalah seorang Gooner dan di proyeksi menjadi bek kanan andalan Arsenal, mengingat dia juga bisa bermain sebagai CentreBack.

Musim ketiga nya penampilan nya semakin membaik dan mendapat kesempatan tampil untuk timnas Inggris. Musim ketiga nya Jenko berhasil menorehkan sebiji goal melawan Norwich City di pertandingan terakhir Liga Primer season 2013-2014. Terlihat luapan emosi nya kala berhasil mencetak goal untuk tim kebanggan nya. Jenko langsung berlari menghampiri fans Arsenal dan mendapat sambutan tepuk tangan yang manis dari para Gooner.


Pada musim 2014-2015 bak petir di siang bolong, Wenger mencantumkan nama nya dalam daftar pinjam club. Kemudian Wenger mendatangkan Callum Chambers dari Southampton. Seolah Wenger masih meragukan kapasitas Carl. Ada 3 bek kanan saat itu sebelum West Ham berhasil membujuk Jenko untuk membela panji Hammers. Praktis tersisa Chambers dan Bellerin untuk posisi bek kanan The Gunners. Lantas membuat Wenger mendatangkan Mathieu Debuchy untuk posisi utama bek kanan.

Musim pertama nya bersama West Ham ia lalui dengan biasa saja, tak ada yang istimewa, tak ada gol yang ia berikan untuk Hammers. Big Sam yang kala itu menunggangi Hammers ingin mempermanenkan status Loan Jenkinson. Namun sang pemain menolak dan lebih memilih pulang ke London Utara. Seolah ingin memberi pembuktian kepada Le Proffesour bahwa ia sudah berkembang pesat selama masa peminjaman di West Ham. Namun rasanya satu musim peminjaman di West Ham kurang memberi keyakinan kepada Wenger terhadap dirinya. Disisi lain Chambers menunjukan potensi yang bagus untuk mengisi bek kanan Arsenal mendatang dan menjelma nya Hector Bellerin menjadi bek kanan pilihan terbaik Wenger. Terbukti hingga saat ini Bellerin menjadi pilihan utama untuk pos bek kanan.

Lagi lagi West Ham yang sangat menginginkan jasa Jenko berhasil me Loan nya untuk semusim mendatang. 20 penampilan di musim keduanya besama West Ham berbuah 2 gol untuk catatan rekornya sendiri.


Jenko sukses menganatar West Ham finish di peringkat ke 7 dan masuk babak playoff Europa League musim mendatang. Hammers ingin mempermanenkan status Jenko. Lagi lagi sang pemain menolak dan lebih memilih pulang ke Arsenal, namun kali ini dengan alasan yang berbeda, yaitu menghormati sisa kontraknya bersama Arsenal. Dua musim masa pemimjaman nya di West Ham seolah tak cukup untuk memberinya kesempatan bermain di musim 2016-2017. Hanya 5 kali Jenkinson tampil di musim perdanan nya setelah ia pulang dari masa peminjaman di West Ham selama 2 musim.

Kini hanya sisa 1 tahun kontrak nya bersama Arsenal, entah dia sudah mendapatkan perpanjangan kontrak baru atau malah dia akan di jual ke club yang mau memboyongdengan mahar sebesar 6 juta euro, begitu harga yang terpampang di transfermarkt untuk dirinya. Saya pribadi berharap Wenger mau mempertahankan The True Gooner yang satu ini. Bagaimana pendapat kalian ? apakah Jenkinson layak dipertahankan ? atau untuk kebaikan karir nya lebih baik meninggalkan Arsenal sebagai Gooner yang tak dirindukan ? :')





1 komentar:

  1. CARI SITUS BANDAR YANG AMAN DAN TERPERCAYA?
    PASTINY DI ZEUSBOLA DONG.

    ZEUSBOLA MERUPAKAN SITUS BANDAR YANG SANGAT TERPOPULER DI MASYARAKAT INDONESIA,KAMI JUGA MENYEDIAKAN GAME YANG MEBUAT ANDA TIDAK BOSAN DAN JUGA BISA MEMBUAT ANDA JADI JUTAWAN LOHH

    MELAYANI DEPOSIT PULSA DAN DEPOSIT REKENING

    SEGERA DAFTAR DAN DAPATKAN HADIAH MENARIK SEPERTI JUATAAN RUPIAH DAN IPHONE 11 PRO MAX YA


    untuk info selanjutnya hubungi cs kami di
    instagram : zeusbola.official




    BalasHapus